Jenis Bahan untuk Kemeja Bergaya Formal Maupun Kasual

Jenis bahan untuk kemeja memiliki karakteristik khusus agar hasilnya tampak bagus dan elegan. Seiring dengan perkembangan zaman, kemeja diciptakan dalam bentuk dan model yang beragam namun dengan atribut yang sama yaitu berkerah dan berkancing.

6 Jenis Bahan untuk Kemeja yang Cocok Dikenakan dalam Berbagai Macam Kebutuhan

Jenis Bahan untuk Kemeja
Jenis Bahan untuk Kemeja

Terdapat beberapa jenis bahan yang biasanya digunakan dalam pembuatan kemeja karena memiliki karakteristik yang sesuai. Inilah 6 jenis bahan yang rekomended untuk menghasilkan kemeja keren dan modern:

Bahan Katun

Katun menjadi salah satu bahan pembuatan kemeja yang sangat bersahabat di kulit Anda baik bagi laki-laki maupun perempuan. Karakteristik kainnya sangat halus dan memiliki daya serap yang tinggi sehingga cocok dikenakan di negara yang beriklim tropis seperti Indonesia. Jenis dan harganya sangatlah beragam mulai dari katun rayon, katun toyobo, katun madinah, katun linen euro, dan masih banyak lagi.

Bahan Denim

Tahukah Anda bahwa bahan denim adalah nama lain yang digunakan untuk menunjukkan kain yang berbahan dasar jeans atau levis. Meskipun memiliki tekstur kain yang cenderung tebal dan agak panas, namun denim banyak digunakan untuk proses pembuatan kemeja. Kainnya yang awet dan tahan lama menjadi salah satu keunggulan tersendiri yang dimiliki oleh denim.

Baca juga : Jenis Kain Katun

Bahan Drill

Bahan drill banyak dipakai sebagai material pembuatan kemeja karena karakteristik kainnya yang sedikit kaku. Drill diproduksi melalui proses pemintalan dengan pola benang yang berbentuk miring ataupun diagonal. Kain yang terbuat dari campuran katun dan polyster ini banyak diimport dari negara-negara tetangga. Produk yang paling terkenal di tanah air adalah Japan drill dan American drill.

Bahan Oxford

Jenis bahan untuk kemeja yang selanjutnya adalah oxford. Kain yang satu ini memiliki karakteristik yang cukup unik dimana permukaan kainnya akan tampak menyerupai titik-titik pixel yang elegan. Oxford cocok digunakan untuk kemeja kantoran maupun kemeja kasual untuk dikenakan sehari-hari.

Salah satu bahan oxford yang paling terkenal untuk pembuatan kemeja adalah taipan tropical. Oxford jenis ini hampir menyerupai kain Japan drill yang teksturnya sedikit kaku. Bedanya, kain taipan tropical ini model tenunan benangnya tidak miring layaknya drill.

Baca juga : Jenis Bahan Baju Olahraga

Bahan Chambray

Bahan selanjutnya yang kerap digunakan dalam pembuatan kemeja adalah chambray. Material ini sekilas menyerupai denim atau jeans, namun kainnya jauh lebih ringan dan lembut. Konon, kain ini dinamakan dengan istilah chambray karena berasal dari salah satu kota di negara Perancis yaitu Cambria.

Chambray terbuat dari serat alami yaitu kapas yang dipintal sehingga nyaman dipakai dan mudah menyerap keringat. Hasil tampilan kemeja yang terbuat dari bahan ini juga tampak sangat mewah dan elegan sehingga banyak konsumen yang menyukainya.

Bahan Acrylic

Acrylic digunakan sebagai bahan pembuatan kain sejak tahun 1934. Hasil akhirnya diharapkan dapat menyerupai katun tiruan sehingga sangat cocok untuk kemeja. Karakteristik dari bahan acrylic adalah sangat lembut dan ringan serta dapat menahan suhu panas dari tubuh pemaikainya sehingga tidak menimbulkan iritasi kulit, seperti gatal atau kemerahan.

Jenis bahan untuk kemeja yang memiliki kualitas bagus dengan harga yang terjangkau bisa Anda pesan di Jasa Konveksi Jogja. Kami menyediakan layanan pemesanan online yang dibantu oleh tenaga kerja handal dan professional. Telah tersedia puluhan gambar dan sampel seragam kemeja dengan model yang lebih kekinian.

1 thought on “Jenis Bahan untuk Kemeja Bergaya Formal Maupun Kasual”

Leave a Comment