Jenis-jenis Kain Dalam Membuat Seragam PDH Guru

Seragam PDH guru terbuat dari kain mulai dari American drill, Japan drill, katun, polyester, dan masih banyak lagi. Pilihan kain sendiri beragam, ya dan bisa disesuaikan dengan selera. Masing-masing kain memiliki karakteristiknya sendiri mulai dari teksturnya yang halus, menyerap keringat, ringan dan sebagainya.

 Pada umumnya sih PDH guru dan PNS lainnya terbuat dari kain Japan drill meskipun tidak menutup kemungkinan ada juga pilihan material lainnya. Bingung ya dengan pilihan kain ketika membuat sebuah seragam PDH? Coba pahami jenis-jenis kain seragam PDH di sini!

Jenis-jenis Kain Seragam PDH

Seragam PDH Guru
Seragam PDH Guru

Ada dua jenis serat tekstil – alami dan sintetis. Serat alam sesuai dengan namanya, berasal dari alam, seperti kapas dan rami atau dari hewan, seperti sutra dan wol. Serat sintetis, sendiri terbuat dari bahan non ala,i. Ada juga yang sering disebut semi-sintetis yang terbuat dari bahan alami seperti selulosa dari pohon tetapi seratnya dibuat secara artifisial.

Serat sintetis yang paling umum dibuat dari bahan bakar fosil, dan bahan yang paling umum dikenal sebagai poliester. Beberapa pilihan kain untuk membuat seragam PDH guru adalah :

Japan Drill

 Pertama, ada bahan yang sebelumnya sudah dibahas, yakni Japan drill. Jadi, kain satu ini memiliki karakteristik yang tebal dan kuat, cocok sekali jika digunakan untuk dinas di dalam ruangan dan mengajar anak-anak.

Baca juga : Seragam PDH TNI AL

Kain Japan drill juga cocok untuk pakaian dinas di outdoor. Material kain satu ini terdiri dari perpaduan katun dan polyster sehingga sudah bisa dijamin bahwa PDH guru yang menggunakan Japan drill akan terasa jauh lebih nyaman.

American Drill

Hampir terbuat dari kombinasi bahan yang sama, yakni polyster dan katun, American Drill juga tidak kalah cocoknya kok untuk digunakan sebagai seragam PDH guru. Kain satu ini nyaman digunakan dan tentu saja bisa menyerap keringat. Para guru dijamin nyaman ketika mengenakan seragam PDH drill untuk mengajar di kelas atau menghadiri pertemuan dinas.

Taipan Drill

 Ciri khas dari Taipan drill adalah mempunyai tekstur yang lentur. Kain satu ini juga tidak mudah kusut. Taipan drill tidak hanya bagus untuk seragam guru saja, banyak instansi dinas pemerintah bahkan karyawan swasta yang mengenakan kain Taipan drill sebagai pilihannya.

Apalagi Taipan drill juga memiliki banyak pilihan warna. Jadi, Anda bisa tentukan sendiri warna apa yang sekiranya cocok untuk seragam PDH guru.

Baca juga : Seragam PDH Polri

Nylon / Poliamid

Satu-satunya perbedaan adalah bahwa nilon diberi nama oleh perusahaan dan seratnya adalah poliamida. Polyamid merupakan bahan yang kuat dan elastis yang tidak mudah kusut. Nilon merupakan material kain yang kuat dan tahan lama.

Seragam PDH yang dibuat dari bahan material akan tahan di segala cuaca. Kain ini juga bisa dicuci dengan mesin, murah dan serbaguna. Nilon juga bahan yang tidak dapat terurai secara hayati.

Polister

Poliester bukan hanya serat sintetis yang paling umum, tetapi juga sangat populer digunakan sebagai bahan pakaian apapun secara keseluruhan. Poliester seringnya digunakan sebagai seragam PDH karena bahannya yang yang murah dan serbaguna.

Poliester juga murah, tahan lama, tahan kerut, warnanya pun bisa bertahan sampai lama. Poliester mengandung hidrofobik yang artinya PDH guru menjadi cepat kering ketika dicuci. Hanya saja kain ini sensitif terhadap panas

Jadi tertarik membuat seragam PDH guru dengan harga terjangkau? Pesan saja hanya di konveksi Jogja kami, disini Anda bisa pilih sendiri kain terbaik versi Anda dan dapatkan harga yang jauh lebih murah!

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan komentar

wa chat