Mengenal Seragam PDH Satpam dan Atributnya Lengkap

Seragam PDH satpam saat ini memiliki warna yang hampir sama dengan polisi. Orang yang awam pasti akan salah mengira. Padahal sebenarnya ada perbedaan yang mencolok kok antara seragam satpam dan polisi. Perubahan warna seragam ini diresmikan dan diatur dalam undang-undang.

Tujuan dari menyamakan warna seragam PDH ini adalah supaya jabatan seorang satpam lebih dihargai di mata masyarakat. Satpam juga merupakan kepanjangan tangan dari polisi yang pekerjaannya juga memberikan keamanan di tengah masyarakat. Nah, supaya Anda tidak salah dalam  mengira mana satpam dan polisi karena seragamnya, maka berikut adalah atribut yang umumnya menyertai polisi.

Baca juga : Contoh Seragam PDH Satpam Lengkap

Seragam PDH Satpam dan Atribut

Seragam PDH Satpam
Seragam PDH Satpam

Satpam bisa dikenali dari seragam dan atributnya dengan beberapa hal, yakni :

  1. Satpam menggunakan sebuah sabuk besar jenis kopelriem berwarna hitam. Ada gesper di bagian tengah yang terbuat dari logam berwarna kuning. Selain sabuk besar, satoam juga perlu menggunakan ikat pinggang berukuran kecil dengan warna hitam polos dan ada gesper warna kuning dari logam.
  2. Ikat pinggang satpam memiliki simbol dan bentuknya sama seperti emblem yang ada di bagian topi.
  3. Di seragam satpam, ada tulisannya ‘Satpam’ yang dibuat dari kain dengan dasar putih. Sementara jahitan yang membantuk nama ‘Satpam’ dibuat dari benang hitam. Tulisan tersebut dijahit di bagian atas saku kemeja sebelah kiri.
  4. Badge seragam satpam dijahit di bagian lengan kiri. Badge tersebut digunakan untuk menunjukkan instansi mana yang menggunakan jasanya.
  5. Ada jahitan tanda lokasi yang dibuat dari kain dan dijahit pada bagian lengan kiri. Tulisan lokasi ini diletakkan di atas badge dan  menunjukkan lokasi dari Polres aatupun Polresta yang mengoperasionali satpam.
  6. Sementara untuk badge dari Mabes Polri maupun Polda dijahit di bagian lengan kanan, yang menunjukkan identitas pendaftaran satpam.
  7. Mempunyai peluit dengan tali yang berwarna hitam.
  8. Jika satpam memiliki jabatan supervisor ke atas, maka tali diletakkan di bagian bahu kanan. Sementara bagi satpam yang masih staf, maka tali diletakkan di bahu kiri.
  9. Menggunakan sebuah pentung atau ruyung berwarna hitam yang digunakan khusus untuk disesuaikan pada teknis dan penggunaan tertentu.
  10. Terdapat  pisau rimba dengan lencana yang diberi sebuah tanda kewenangan bahwa satpam telah mengemban fungsi dari kepolisian terbatas. Pisau rimba ini dibuat dari logam dan umumnya dipasang di bagian dada sebelah kiri.
  11. Ada tanda mengenai kepangkatan jabatan atas pekerjaannya menjadi anggota Satpam.
  12. Ada pin kualifikasi yang terdiri dari Gada Pratama, Madya, utama Utama. Pin kualifikasi ini dibuat dari bahan logam dan dipasang di saku yang sebelah kiri.

Baca juga : Bahan Kain yang Nyaman untuk Kaos Anak

Banyak juga ya atribut dari seragam satpam ini? Dengan mengenal atributnya saja, pasti Anda bisa kok membedakan mana yang satpam dan polisi. Nah, karena perubahan warna seragam satpam ini sudah diatur oleh negara, ada baiknya jika semua seragam satpam di perusahaan atau instansi yang Anda miliki segera diubah.

Tenang, ada kami, Konveksi Jogja yang bisa diandalkan untuk membuat seragam PDH satpam lengkap dengan harga yang bisa disesuaikan anggaran instansi. Kami terbiasa membuat pesanan seragam PDH dari berbagai instansi negara.

Percayakan saja kebutuhan ganti seragam satpam di instansi Anda dengan Jasa Konveksi Jogja kami. Hubungi kami segera dan konsultasikan kebutuhan seragam PDH terbaru untuk satpam Anda!

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan komentar

wa chat